Lompat ke isi utama

Berita

Optimalkan Pengawasan Penghitungan Suara, Panwaslih Bireuen Lakukan Supervisi kepada Jajaran Pengawas di TPS

Ayo Awasi Bersama!

Bireuen - Komisioner Panwaslih Bireuen, Rahmad, Baihaqi dan M. Basyir didampingi staf melakukan supervisi kepada jajaran pengawas yang bertugas di TPS pemilu tahun 2024 di beberapa tempat dalam wilayah Kabupaten Bireuen, Kamis (15/2/2024).

Ketua Panwaslih Bireuen Rahmad mengatakan, supervisi tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan pengawasan tahapan penghitungan suara pemilu tahun 2024. "Hari ini kami lakukan supervisi kepada jajaran pengawas yang bertugas di TPS, kita pastikan pelaksanaan pengawasan penghitungan suara ini tidak terlewatkan oleh jajaran pengawas-pengawas kita", terangnya.

Rahmad menyampaikan, fokus pengawasan pada TPS pemilu ada dua, pertama pemungutan suara, kedua penghitungan suara, dalam pelaksaan penghitungan suara tentunya harus diawasi dengan baik. Mulai dari hitung suara calon presiden sampai dengan suara DPRK. "Dengan rentang waktu yang sudah berjalan lebih kurang 20 jam di TPS, kita harap semua pengawas kita tetap berada dalam keadaan sehat dan bisa menjalankan tugas-tugas pengawasan dengan tanggung jawab", harapnya.

"Kita bekerja harus ikhlas, tetap jaga kesehatan, bangkitkan semangat, jaga integritas dan profesionalitas di TPS", tambahnya.

Di waktu yang sama, Koordinator Divisi (Koordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Baihaqi menyampaikan, sebagai ujung tombak pelaksanaan pengawasan di TPS, Pengawas TPS tentunya harus dapat melakukan pengawasan secara optimal. "PTPS ini merupakan ujung tombak untuk memastikan semua proses pungut hitung di TPS berjalan dengan jujur dan adil. Oleh karena itu, jalankan peran pengawasan dengan penuh rasa tanggung jawab," tegasnya.

Sementara Koordiv. Hukum, Pencegahan, Humas dan Parmas M. Basyir menyemangati mereka dengan apresiasi. "Patut kita apresiasi jajaran pengawas yang sudah bekerja lebih kurang 20 jam di TPS, mudahan-mudahan semua proses penghitungan suara ini dapat diawasi dengan baik", tuturnya.

Kita akan terus senantiasa memonitor pengawas kita yang bertugas di TPS, jika ada potensi kecurangan dan gangguan segera lakukan koordinasi dan laporkan."teman-teman bekerja atas perintah undang-undang, jadi jangan takut terhadap gangguan dan ancaman", pungkas M. Basyir.[humas]