Link Panwaslih se-Aceh

– Panwaslih –Provinsi AcehKabupaten Aceh BaratKabupaten Aceh Barat DayaKabupaten Aceh BesarKabupaten Aceh JayaKabupaten Aceh SelatanKabupaten Aceh SingkilKabupaten Aceh TamiangKabupaten Aceh TengahKabupaten Aceh TenggaraKabupaten Aceh TimurKabupaten Aceh UtaraKabupaten Bener MeriahKabupaten Gayo LuesKabupaten Nagan RayaKabupaten PidieKabupaten Pidie JayaKabupaten SimelueKota Banda AcehKota LangsaKota LhokseumaweKota SabangKota Subulussalam

AGENDA

Slide 1 Heading
Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor
Click Here
Slide 2 Heading
Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor
Click Here
Slide 3 Heading
Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor
Click Here
Previous
Next

Hadapi Kendala Coklit, Bawaslu Minta Pengawas Maksimalkan Waskat

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat Rapat Evaluasi Pelaksanaan Dan Pengawasan Tahapan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Dan Pencocokan Dan Penelitian Daftar Pemilih yang dilaksanakan secara Daring. Senin, (27/07/2020).
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Jelang berakhirnya tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih yang dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020 sampai 13 Agustus 2020, terdapat beberapa kendala yang dihadapi Bawaslu. Mulai dari terbatasnya akses data Model A-KWK (data pemilih) hingga kurangnya informasi titik lokasi daerah mana saja yang akan dilakukan coklit oleh KPU.

Hal tersebut dikatakan oleh Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat Rapat Evaluasi Pelaksanaan Dan Pengawasan Tahapan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Dan Pencocokan Dan Penelitian Daftar Pemilih yang dilaksanakan secara Daring. Senin, (27/07/2020).

Ia meminta jajaran Pengawas harus maksimalkan pengawasan melekat (Waskat) dalam tahapan coklit daftar pemilih Pilkada Serentak 2020

“Terus awasi, seluruh jajaran harus ikut terlibat waskat, baik ditingkat Bawaslu hingga ke tingkat jajaran pengawas desa dan kelurahan,” ungkapnya.

Selain itu, seluruh jajaran Bawaslu diminta untuk terus melakukan antisipasi sengketa pemilihan usai dilaksanakan penetapan verifikasi faktual (Verfak) Calon Perseorangan. Juga disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan standar Covid-19.

“Semua hal tersebut dilakukan agar semua tahapan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” harapnya.

Di tempat yang sama, Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menemukan Petugas Penelitian dan Pencocokan Daftar Pemilih (PPDP) terdata dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dan terdapat dalam data daftar dukungan calon perseorangan. Hal tersebut ditemukan Fritz saat melakukan monitoring dan supervisi di daerah yang melaksankan Pilkada Serentak 2020.

“Ini harusnya tidak boleh terjadi, tapi ternyata masih ditemukan. Maka seluruh jajaran Bawaslu saya minta turun untuk waskat,” tandasnya.{Humas Bawaslu RI}

Foto : Humas Provinsi Banten
Editor : Hendi Purnawan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Mars Bawaslu

Alur Pengawasan ke Penindakan dalam Pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020

Galery

Buku Digital

Buku Saku Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) 2019 Unduh
Buku Panduan Siwaslu Unduh
Perbawaslu tentang Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih,
Penetapan Perolehan Kursi, Dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan
Umum
Unduh
Perbawaslu tentang Pengawasan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Unduh
Panduan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Kecamatan Pemilu 2019 Unduh
Serial Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 Unduh

Tautan