Link Panwaslih se-Aceh

– Panwaslih –Provinsi AcehKabupaten Aceh BaratKabupaten Aceh Barat DayaKabupaten Aceh BesarKabupaten Aceh JayaKabupaten Aceh SelatanKabupaten Aceh SingkilKabupaten Aceh TamiangKabupaten Aceh TengahKabupaten Aceh TenggaraKabupaten Aceh TimurKabupaten Aceh UtaraKabupaten Bener MeriahKabupaten Gayo LuesKabupaten Nagan RayaKabupaten PidieKabupaten Pidie JayaKabupaten SimelueKota Banda AcehKota LangsaKota LhokseumaweKota SabangKota Subulussalam

AGENDA

Slide 1 Heading
Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor
Click Here
Slide 2 Heading
Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor
Click Here
Slide 3 Heading
Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor
Click Here
Previous
Next

Kritisi Penyediaan APD, Afif: Tak Penting Siapa yang Sediakan, Asalkan Barangnya Ada

Anggota Bawaslu M Afifuddin saat menjadi narasumber dalam diskusi daring bersama Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) di Jakarta, Rabu 29 Juli 2020/Foto: Reyn Gloria (Humas Bawaslu RI)
Jakarta, Badan Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menyatakan penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi penyelenggara pilkada belum sepenuhnya terpenuhi. Padahal tahapan Pilkada 2020 sudah memasuki tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) yang banyak melakukan interaksi langsung.

Hal tersebut diungkapkannya dalam diskusi daring bersama Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP). Pria yang disapa Afif ini menyatakan pilkada tahun ini harus dipandang tidak biasa agar semua pihak dapat serius menyelenggarakannya.

“Perspektif kita harus luas, pilkada diselenggarakan di saat yang tidak normal, contohnya penyediaannya yang belum 100 persen,” tuturnya dalam diskusi di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya saat ini bukan hanya penyediaan APD yang membuat penyelenggara kesulitan, namun juga penggunaannya yang bisa memakan waktu. Dirinya pun mendorong agar semua pihak dapat memperhatikan pemenuhan APD sebab penyelenggara pilkada sudah bergerilya di lapangan.

“Kami pengawas (pilkada) tidak terlalu penting siapa yang menyediakan hal ini, yang penting asalkan barangnya ada saat kita mau tugas nah ini prasyarat,” tegas Afif.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini pun menuturkan kebutuhan APD atau perlindungan kesehatan menjadi portal (pintu gerbang) dalam kelanjutan Pilkada Serentak 2020. Untuk itu, lanjutnya, Afif meminta Bawaslu di daerah merasionalisasi atau mencari upaya koordinasi dengan gugus tugas untuk pemenuhan APD.{Humas Bawaslu RI}

Editor: Ranap THS

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Mars Bawaslu

Alur Pengawasan ke Penindakan dalam Pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020

Galery

Buku Digital

Buku Saku Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) 2019 Unduh
Buku Panduan Siwaslu Unduh
Perbawaslu tentang Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih,
Penetapan Perolehan Kursi, Dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan
Umum
Unduh
Perbawaslu tentang Pengawasan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Unduh
Panduan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Kecamatan Pemilu 2019 Unduh
Serial Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 Unduh

Tautan